Minggu, 13 September 2009

soal jawab dinas jaga laut 1

1.Dalam STCW code mengenai asas pokok tentang navigasi
a. jelaskan Mengenai asas ttg navigasi
jawab:
1. Membuat rancangan pelayaran,dimana grs haluan di teliti sblm perjalanan di mulai.
2. selama jaga laut check haluan,posisi,kec. Kpl,alat2 navigasi di check secara berkala untk meyakinkan kpl berlayar sesuai haluan yg di tetapkan.
3. mualim jaga paham benar lokasi dan pengunaan semua peralatan navigasi
4. mualim jaga tdk di bebani tgs lain yg mengganggu keselamatan navigasi kpl.

b. Jelaskan mengenai asas tentang peralatan navigasi.
Jawab:
1. perwira jaga harus menggunakan alat2 navigasi secara efektif mungkin sesuai dgn kebutuhannya
2. apabila menggunakan radar pwa jaga hrs perlu mengingat aturan penggunaan radar sesuai dgn p2tl.
3. pwa jaga tdk perlu ragu2 untuk menggunakan mesin dan isyarat bunyi jika memerlukannya.

c. jelaskan mengenai asas ttg pencegahan pencemaran lingkungan laut
jawab:
- nakhoda dan pwa jaga hrs memperhatikan secara serius dampak dari polusi terhadap lingkungan laut dan melakukan pencegahan. khusussnya dlm kerangka memenuhi aturan2 yg berlaku.

2. Apa saja yg hrs dilakukan PWA jaga, khususnya dlm hubungan Degan :
a. Pencegahan Bahaya Kandas
Jawab :
- Memberi Merkah pada bahaya2 navigasi (No go area),
- Penentuan posisi kapal secara teratur dan tepat,
- Perwira navigasi harus menguasai alat2 navigasi,
- Peta yg digunakan harus up to date,
- Memperhatikan arus pasang surut daerah setempat.

b. Pencegahan bahaya tubrukan.
jawab:
- Melakukan pengamatan sekeliling kapal,
- Apabila mengadakan penyusulan kapal lain,maka kita harus menyimpang kapal lain yg disusul,
- Pada siang hari melihat kapal lain segaris atau hamper segaris dgn kapal kita,atau pada malam hari melihat kedua lampu lambung kapal lain,maka kita harus menghindar dgn perubahan haluan yg cukup besar,tegas dalam waktu yg cukup dini.
- Apabila kita melihat lampu merah kapal lain dilambung kanan,maka kita harus menyimpang pada jarak yg aman.

c. Apakah yg termasuk dlm keadaan khusus.
Jawab:
1. Navigasi dlm jarak pandang terbatas
maksudnya : navigasi didalam cuaca menghalangi jarak pandang sampai 3 mil atau kurang
2.Navigasi didalam cuaca buruk
maksudnya : navigasi dg keadaan laut da cuaca berkekuatan angin lebih dari skala beaufort 6 da tinggi ombak lebih dari 5 meter.
3.Navigasi didalam alur pelayaran sempit, perairan yg ramai dan “traffic separation schemes.
maksudnya : navigasi di daerah laut atau pelabuhan dimana terdapat keadaan yg dimaksud diatas.

c. Mengapa kapal2 hrs menjauhi semua kpl penyapu ranjau yg sedang bertugas ? 2 alasan.
Jawab:
1. Bahwa adalah berbahaya bagi kpl kpl lain untuk mendekatinya dlm jarak kurang dr 1.000 mtr di belakangnya atau 500 mtr pd tiap sisi kpl penyapu ranjau itu.
2. Karena kerjanya kpl tsb menjadi terbatas kemampuan Ognya dan tdk dpt menyimpangi kpl lain sesui dgn aturan yg ada utk menghindari tubrukan.

5. .BRIDGE TEAM MANAGEMENT

a. Jelaskan mengenai tujuan2 yg hendak dicapai oleh BTM.
Jawab :
1. Untuk meningkatkan/memastikan keamanan dan keselamatan navigasi,kapal,jiwa dan harta benda dilaut,
2. Tiba dipelabuhan tujuan dgn tepat waktu,
3. Untuk menghindari konsekuensi kehilangan total yg dpt terjadi,bila tubrukan terjadi atau kandas,
4. Untuk menjaga atau melindungi lingkungan laut dari pencemaran.

b. Sebutkan apa saja elemen2 yg termasuk didalam BTM tersebut.
Jawab :
- Pimpinan sebagai pemberi semangat,
- Team work : Setiap pekerjaan harus dpt dikerjakan secara gotong royong hingga cepat selesai,
- Peralatan2 dianjungan : harus dpt mendukung pelayaran sehingga kapal bias dgn selamat sampai
- ditempat tujuan dan apabila peralatan rusak segera diganti,
- SDM : Harus Professional dan mempunyai peralatan yg cukup pada setiap keadaan yg diperlukan,
- Prosedure : Segala sesuatunya harus ada tata caranya.

Tidak ada komentar: